Rabu, 21 Maret 2012

Tugas 1 Dasar Pemasaran


Kelompok :
*      Lisa purnamasari         29211246
*      Dina Fadhila               28211142
*      Isrina Ramadhania      23211743

Unit usaha laundry “simply”
·         Lingkungan yang mempengaruhi usaha tersebut
1.          Lingkungan yang bisa dikendalikan.
·          Harga pakaian /kg.
·          jenis barang yang bisa di laundry ditempat tersebut.
·          Alat yang digunakan.
·          Jangka waktu.
·          Persediaan parfum yang bervariasi yang memungkinkan konsumen untuk memilih sendiri.
·          Pegawai.
·          Produk yang digunakan untuk mencuci, menyetrika.
2.          Lingkungan yang berada disekitar.
·          Konsumen.
·          Apabila banyak konsumen yang merasa puas, maka peningkatan konsumen yang menggunakan jasa tersebut akan semakin meningkat.
·          Tempat.
·          Strategis berada di lingkungan kost mahasiswa.
·          Pesaing.
·          Dikarnakan tempatnya yang strategis berada di lingkungan kost mahasiswa, ada beberapa tempat yang membuka usaha yang sama.
3.          Lingkungan yang berada diluar perusahaan.
·          Teknologi yang semakin berkembang, memungkinkan pesaing lain memanfaakan sistem komputerisasi dalam memuaskan konsumen, sehingga usaha laundry “simply” ini pun harus mengikuti perkembangan jika tidak ingin kehilangan pelanggan.

·         Kekuatan dan kelemahan.
1.          Kekuatan.
·          Harga yang terjangkau terutama untuk para mahasiswa disekitar tempat usaha tersebut.
·          konsumen yang menggunakan jasa ini tidak hanya para mahasiswa, banyak konsumen yang berdatangan dari tempat lain dikarenakan usaha tersebut berada tepat disisi jalan raya.
·          Kualitas dan pelayanan yang menyenangkan
·          Tempat yang strategis
·          Memberi pelayanan antar jemput loundry(delivery service)
·          Pemilihan warna pada dekorasi tempat yang menarik dan spanduk yang digunakan cukup besar sehingga menarik para konsumen, bisa terlihat dari kejauhan.
·          Persediaan parfum yang bervariasi dimana konsumen dapat memilih sendiri sesuai keinginan.
·          Usaha loundry ini tidak hanya untuk pakaian, bermacam macam seperti bedcover, karpet, sepatu.
·          Waktu pengembalian bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen, tetapi standar pengembalian 2 hari.
·          Memberikan potongan harga untuk para pelanggan.
·          Ketelitian dalam mengembalikan barang konsumen

2.          Kelemahan.
·          Harus bersaing dengan pemain lain karena usaha ini sudah semakin menjamur.
·          Berusaha untuk bertahan dan menarik banyak konsumen.
·          Bagi pengusaha loundry harus memiliki modal yang cukup besar serta membayar loyality dan komisi untuk perusahaaan induk

·         Peluang.
1.          Dengan bermodalkan mesin cuci dan ruangan tempat usaha yang memadai, serta didukung lokasi yang strategis, kualitas yang baik dan ketepatan waktu yang memberikan kepuasan kepada pelanggan membuat prospek usaha ini semakin bagus.
2.          Karena sudah dikenal oleh banyak konsumen sehingga memungkinkan untuk membuka cabang baru.
3.          Meningkatkan promosi untuk menarik lebih banyak konsumen.

·         Ancaman.
1.          Beberapa hal yang akan menjadi ancaman dalam bisnis ini adalah munculnya pemain lain dalam bisnis ini serta kualitas pengerjaan, ketepatan waktu dan variasi harga sangat menentukan berkembangnya bisnis ini.
2.          Karena lokasi yang dekat dengan jalan menjadikan tempat rawan pencurian atau perampokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar