TUGAS I MERINGKAS
BAB 8 Analisis Dampak Lingkungan
Hidup (AMDAL)
A.PENGERTIAN
AMDAL
Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang sangat penting
untuk ditelaah sebelum suatu investasi atau usaha di jalankan. Dampak
yang timbul ada yang langsung memengeruhi pada saat kegiatan usaha/proyek
dilakukan sekarang atau baru terlihat beberapa waktu kemudian dimasa yang akan
datang.Dampak lingkungan hidup yang terjadi adalahberubahnya suatu lingkungan
dari bentuk aslinya seperti perubahan fisik kimia,biologi,atau sosial yang mana
perubahan lingkungan ini jika tidak diantipasi dari awal akan merusak tatanan
yang sudah ada,baik terhadap fauna,flora,maupun manusia itu sendiri.
Oleh karna itu,sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan maka sebaiknya dilakukan
terlebih dahulu studi tentang dampak lingkungan yang bakal timbul,baik dampak
sekarang maupun yang akan mendatang.studi inilah yang kita kenal dengan nama
Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).
AMDAL
secara khusus adalah meliputi dampak lingkungan disekitarnya,baik didalam usaha
atau proyek manapun diluar suatu proyek yang akan dijalankan.
B.DAMPAK YANG TIMBULKAN
AMDAL merupakan salah
satu bagian dari aspek studi kelayakan bisnis.artinya untuk melakukan suatu
kegiatan usaha atau bisnis atau proyek sebelum usaha dilakukan mengingat
kegiatan-kegiatan investasi yang akan mengubah lingkungan hidup.
Adapun komponen-komponen lingkungan hidup yang harus dipertahankan dan dijaga
serta dilestarikan fungsinya,antara lain:
1.
Hutan
lindung,hutan konservasi,dan cagar biosfer
2.
Sumber
daya manusia
3.
Keanekaragaman
hayati
4.
Kualitas
udara
5.
Warisan
alam dan Warisan budaya.
6.
Kenyamanan
lingkungn hidup
7.
Nilai-nilai
budaya yang berorientasi selaras dengan lingkungan hidup.
Komponen lingkungan hidup yang akan berubah secara mendasar
dan penting bagi masyarakat disekitar suatu rencana usaha/kegiatan
seperti antara lain:
1.
Kepemilikan
dan penguasa lahan.
2.
Kesempatan
kerja dan usaha.
3.
Taraf
hidup masyarakat.
4.
Kesehatan
masyarakat.
Dampak negatif yang mungkin akan timbul,jika tidak dilkukan AMDAL secara baik
dan benar adalah sebagai berikut:
1.
Terhadap
tanah dan
kehutanan
2.
Terhadap air
3.
Terhadap udara
4.
Terhadap manusia
Dampak
yang akan timbul perlu dcarikan alternatif penyelesaiannya yang dapat
dilakukan adalah sebagai berikut:
1.
Terhadap
tanah
2.
Terhadap air
3.
Terhadap udara
4.
Terhadap karyawan
5.
Terhadap masyarakat sekitarnya
C.TUJUAN DAN KEGUNAAN STUDI AMDAL
Tujuan AMDAL adalah menduga
kemungkinan terjadinya dampak dari suatu rencana usaha/kegiatan untuk
mencapai tujuan penyusunan AMDAL harus didasarkan atau sesuai dengan pedoman
penyusunan studi AMDAL.
Hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka mencapai tujuan
studi AMDAL adalah sebagai berikut:
1.
Mengidentifikasi
semua rencana usaha dan kegiatan yang akan dlaksanakan.
2. Mengidentifikasi komponen-komponen
lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting.
3. Memprakirakan dan mengevaliasikan
rencana usaha dan kegiatan usaha terhadap lingkungan hidup.
4. Merumuskan
RKL dan RPL.
Kegunaan
dilaksanakan studi AMDAL adalah:
1.
Sebagai
bahan bagi perencanaan danpengelola usaha pembangunan wilayah.
2.
Membantu
proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup.
3.
Memberi
masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
4.
Memberi
informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana
usaha.
D. RONA LINGKUNGAN HIDUP
Sasaran utama dari AMDAL adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup atau
untuk menjaga lingkungan hidup dari segala bentuk perusakan,pencemaran atau
merugikan kelestarian lingkungan hidup itu sendiri.
Rona lingkungan hidup pada umumnya sangat beraneka ragam dalam bentuk ukuran
tujuan sasaran dan sebagainya.karena kemungkinan timbulnya dampak
lingkungan hidup bebeda-beda sesuai dengan rona lingkungan yang ada.
Hal-hal yang perlu dicermati rona lingkunan hidup sebagai berikut:
1.
Wilayah
studi usaha dan/atau kegiatan yang memiliki arti ekonomi dan arti ekologis.
2.
Kondisi
kualitatif dan kuantitatif dari berbagai sumber daya alam yang ada diwilayah
studi rencana usaha/kegiatan.
Fisik
Kimia
Komponen fisik kimia yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1.
Iklim,kualitas udara,dan kebisingan
2.
Fisiografi
3.
Hidrologi
4.
Hidrooseanografi
5.
Ruang,lahan,dan tanah
Biologi
Komponen Biologi yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1. Flora
2. Fauna
Sosial
Komponen Sosial yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1.
Demografi
2.
Ekonomi
3.
Budaya
4.
Kesehatan masyarakat
E. PRAKIRAAN DAMPAK BESAR DAN
PENTING
Dampak besar dan penting dalam studi AMDAL menurut pedoman penyusunan AMDAL
hendaknya dimuat hal-hal sebagai berikut:
Prakiraan secara dampak usaha dan
/atau kegiatan pada saat prakontruksi terhadap lingkungan hidup.
1. Penentuan arti penting perubahan
lingkungan hidup yang diprakirakan bagi masyarakat diwilayah
studi rencana usaha dan/atau kegiatan dengan memacu pada
pedoman penentuan dampak besar dan penting.
2. Dalam melakukan telaah butir 1 dan 2
tersebut diperhatikan dampak yang bersifat langsung/atau tidak langsung.
3. Mekanisme aliran dampak pada
berbagai komponen lingkungan berikut:
a. Kegiatan yang menimbulkan dampak
penting yang bersifat langsung pada komponen sosial.
b. Kegiatan yang menimbulkan dampak
penting yang bersifat langsung pada komponen fisik kimia kemudian
menimbulkan dampak komponen biologi dan sosial.
c. Kegiatan yang menimbulkan dampak
penting yang bersifat langsung pada komponen biologi kemudian menimbulkan
dampak lanjutan pada komponen sosial.
d. Kegiatan yang menimbulkan dampak
penting yang bersifat langsung pada aspek fisik kimia dan dampak pada komponen
sosial.
e. Dampak penting berlangsung saling
berantai di antara komponen sosial itu sendri.
f. Dampak penting pada butir a,b,c,d
dan e yang telah diutarakan pada dampak balik pada rencana usaha/kegiatan.
4. Mengingat usaha /kegiatan masih
berada pada tahap pemilihan alternatif usaha/kegiatan
5. Dalam melakukan analisis prakiraan
dampak penting agar digunakan metode-metode formal secara matematis.
F. EVALUASI DAMPAK BESAR DAN PENTING
Hasil evaluasi mengenai hasil telaahan dampak besar dan penting dari rencana
usaha/kegiatan menjadi masukan bagi instansi yang bertanggung jawab
untuk memutuskan kelayakan lingkungan hidup dari renacana usaha/kegiatan.
1.
Telaahan
terhadap dampak besar dan penting
2.
Telaahan
sebagai dasar pengelolaan.
G. RUANG LINGKUP STUDI DAN
METODE ANALISIS DATA
Ruang
lingkup studi meliputi dampak besar penting yang telaah yakni:
1.
Rencana
usaha/kegiatan penyebab dampak komponen langsung yang ditimbulkan.
2.
Kondisi
rona lingkungan hidup yang terkena dampak lingkungan dengan komponen langsung
yang ditimbulkan.
3.
Jenis-jenis
kegiatan yang ada disekitar rencana lokasi beserta dampak-dampak yang ditimbulkan
terhadap lingkungan hidup.
4.
Aspek-aspek
yang diteliti sebagaimana pada butir-butir 1,2,3,4 untuk mengacu pada hasil
pelingkupan dari kerangka acuan untuk AMDAL.
Identitas pemrakarsa dan penyusun
AMDAL
Identitas pemprakarsa dan penyusun AMDAL terdiri:
1.
Pemprakarsa:
a. Nama dan alamat lengkap
instansi/perusahaan
b. Nama dan alamat lengkap
penanggung jawab pelaksanaan rencana usaha/kegiatan.
2.
Penyusun
AMDAL
a.
Nama
dan alamat lengkap lembaga/perusahaaan disertai dengan kualifikasi dan rujukan.
b.
Nama
dan alamat lengkap penanggung jawab penusun AMDAL.
Wilayah studi
Lingkup wilayah studi mencakup pada
penetapan wilayah studi yang digariskan dalam kerangka acuan untuk AMDAL yang
digambarkan pada peta dengan skala yang memadai.
Pelingkupan Wilayah Studi
Penetapan lingkup wilayah studi dimaksudkan untuk membatasi wilayah studi AMDAL
sesuai hasil pelingkupan dampak besar dan penting dengan keterbatasan dan
sumber daya yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan batas-batas ruang,sebagai
berikut:
1.
Batas
proyek
2.
Batas
ekologis
3.
Batas
sosial
4.
Batas
administratif
5.
Batas
ruang lingkup studi AMDAL
Metode Pengumpulan dan Analisis Data
Studi AMDAL dapat berjalan
sesuai dengan alur dan pedoman yang telah ditetapkan sehingga akan
menghasilkan studi yang sahih dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
Perlunya dilakukanmetoda pengumpulan dan analisis data yang ilmiah dengan
pertimbangan mengingat studi AMDAL atas dampak besar dan penting usaha/kegiatan
terhadap lingkungan hidup.
1.
Jenis
data yang dikumpulkan adalag data primer maupun sekunder bersifat sahih.
2.
Metode
pengumpulan data berbagai komponen lingkungan hidup yang diteliti.
3.
Pengumpulan
data dan informasi untuk demografi sosial ekonomi dan sosial budaya.
H. SISTEMATIKA PENYUSUNAN DOKUMEN
AMDAL
Analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) perlu disusun secara sistematika
sehingga dapat:
1.
Langsung
mengemukakan masukan penting yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan.
2.
Mudah
dipahami isinya oleh semua pihak termasuk masyarakat dan mudah disarikan isinya pemuatan dalam media yang
selama menyusun AMDAL.
3.
Memuat
uraian singkat tentang:
a. Rencana usaha/kegiatan dengan
berbagai kemungkinan dampak besar dan pentingnya pada tahap prakonstruksi.
b. Keterangan mengenai kemungkinan
adanya kesenjangan data informasi.
c. Hal ini yang dipandang sangat perlu
untuk melengkapi ringkasan.
I. KEGUNAAN DAN KEPERLUAN RENCANA
USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
Kegunaan dan keperluan mengapa rencana usaha/kegiatan harus dilakukan baik ditinjau
dari segi kepentingan pemprakarsa maupun dari segi program pembangunan.
1.
Penentuan
batas-batas lahan yang langsungg akan digunakan oleh rencana usaha/kegiatan.
2. Hubungan antara lokasi rencana
usha/kegiatan dengan jarak dan tersedianya sumber daya air dan energi.
3.
Alternatif
usaha/kegiatan berdasarkan hasil studi kelayakan.
4.
Tata
letak usaha/kegiatan dilengkapi dengan peta.
5.
Tahap
pelaksanaan usaha/kegiatan dalam jangka waktu masa operasi dengan rencana
waktu pasca operasi.
a. Tahap prakonstruksi/ persiapan
b. Tahap kostruksi
c. Tahap operasi
d. Tahap pasca
operasi
TUGAS 2 TULISAN BEBAS
MENJADI JURSAN AKUTNSI
·
Alasan
saya memilih jurusan Akutansi:
Meskipun masih tahun-tahun awal, saya sudah merasa
materi jurusan akuntansi bukanlah hal yang sangat mudah dan simpel. Bahkan,
beberapa teman saya dari fakultas lain, yang belum pernah merasakan, mengatakan
bahwa kuliah jurusan akuntansi pasti lebih mudah dari jurusan-jurusan sains,
seperti teknik dan kedokteran. Saya tidak menyangkal bahwa jurusan teknik
memang susah karena harus berhubungan dengan fisika dan kawan-kawan, begitu
pula kedokteran yang harus menghafal begitu banyak kata-kata dalam bahasa
antah-berantah. Namun tetap saja, akuntansi bukanlah bidang yang sangat mudah
dan simpel
Pertama,
akuntansi berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Menurut saya, kebanyakan ilmu
sosial lainnya cenderung memiliki teori yang bersifat kualitatif dan secara
umum dapat dipelajari sendiri tanpa harus belajar khusus, misalnya dengan
membaca buku atau malah justru sudah merupakan bakat yang dimiliki oleh setiap
orang karena manusia adalah makhluk sosial sehingga sedikit banyak ilmu-ilmu
sosial tersebut dimiliki oleh manusia.
Sementara akuntansi berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Akuntansi itu baik secara teori ataupun aplikasinya memiliki metode tersendiri yang hanya dapat dikuasasi melalui pembelajaran yang mendalam terhadap ilmunya. Kedua, meskipun seseorang yang kuliah di jurusan akuntansi seharusnya menjadi seorang akuntan, namun seseorang yang kuliah akuntansi sebenarnya fleksibel terhadap jenis lapangan pekerjaan lainnya. Seorang akuntan dapat menjadi manajer, auditor, dosen, pengusaha, bahkan politikus dan diplomat sekalipun. Banyak contoh orang yang berhasil setelah kuliah di jurusan akuntansi. Kuliah di jurusan akuntansi, tentu menjadi akuntan adalah tujuan saya setelah lulus. Indonesia saat ini masih kekurangan akuntan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban seperti laporan keuangan yang akuntable, auditable, dan transparan. Banyak masalah keuangan yang terjadi di negara ini karena kurangnya akuntan dalam mengelola hal tersebut. Hal menarik yang saya rasakan dari ilmu akuntansi adalah melihat betapa uniknya metode-metode pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan. Masalah-masalah dalam dunia akuntansi selalu menantang dan menarik untuk dipecahkan.
Sementara akuntansi berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Akuntansi itu baik secara teori ataupun aplikasinya memiliki metode tersendiri yang hanya dapat dikuasasi melalui pembelajaran yang mendalam terhadap ilmunya. Kedua, meskipun seseorang yang kuliah di jurusan akuntansi seharusnya menjadi seorang akuntan, namun seseorang yang kuliah akuntansi sebenarnya fleksibel terhadap jenis lapangan pekerjaan lainnya. Seorang akuntan dapat menjadi manajer, auditor, dosen, pengusaha, bahkan politikus dan diplomat sekalipun. Banyak contoh orang yang berhasil setelah kuliah di jurusan akuntansi. Kuliah di jurusan akuntansi, tentu menjadi akuntan adalah tujuan saya setelah lulus. Indonesia saat ini masih kekurangan akuntan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban seperti laporan keuangan yang akuntable, auditable, dan transparan. Banyak masalah keuangan yang terjadi di negara ini karena kurangnya akuntan dalam mengelola hal tersebut. Hal menarik yang saya rasakan dari ilmu akuntansi adalah melihat betapa uniknya metode-metode pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan. Masalah-masalah dalam dunia akuntansi selalu menantang dan menarik untuk dipecahkan.
·
Aktivitas dikampus
Aktivitas
saya di kampus macam-macam,saya sering diskusi kelompok untuk memecahkan suatu
masalah,mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen secara bersama-sama,
kerena ada yang kurang dipahami. Di kampus juga sering diadakan Seminar-seminar
untuk menambah wawasan mahasiswa nya dan diberikan sertivikat yang berguna pada
waktu nya nanti. Sebagai seorang mahasiswa kita harus lebih aktif
dikelas,bertanya apabila tidak mengerti kepada dosen yang bersangkutan. Hal
yang sangat menyenangkan pada saat kita berlomba-lomba untuk mengumpulkan nilai
sebanyak-banyak nya,rajin membuat tugas yang diberikan dosen,selalu hadir,dan
mengikuti kuis-kuis yang diberikan. Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di
kampus tapi saya selalu senang saat bersama-sama dengan teman banyak hal yang
dapat dipecahkan saat berdiskusi.kalau semua dikerjakan dengan hati yang iklas
dengan niat yang baik pasti hasilnya akan sangat memuaskan. Meskipun saya tidak
mengikuti organisasi dikampus tapi saya selalu disibukan dengan aktivitas-aktivitas
saya dikelas.
·
Kesulitan-kesulitan yang dihadapi
faktor penyebab kesulitan belajar setiap orang tidak
selalu sama. Kesulitan yang saya hadapi saat ini mungkin karna saya dari
jurusan IPA, akutansi adalah hal yang baru bagi saya,biasanya saya lebih banyak
menghafal rumus-rumus,tapi sekarang berbeda saya harus sering membaca,dan lebih
memahami suatu materi. tapi saya harus menyukai pelajaran ini karna ini
keputusan saya sendiri untuk menjadi
seorang Akunting. Saya selalu aktif bertanya pada teman-teman saya yang
mengerti akutansi dan lebih aktiv lagi dikelas. Dalam hal semangat terkadang semangat tinggi, tetapi
terkadang juga sulit untuk mengadakan konsentrasi.terlebih lagi suasana kelas
yang berisik sangat sulit untuk konsentrasi menerima pelajaran, dan terkadang
dosen juga terlalu cepat sehingga kurang jelas memberikan materi
pembelajaran,kita sebagai mahasiswa dituntut lebih aktif untuk bertanya apabila
tidak mengerti. Terlebih lagi belajar akutansi termasuk pelajaran sulit, diperlukan ketelitian dalam
menghitung, dan karena saya baru mempelajari nya saya harus memulai nya dari
awal seperti harus menghafal persamaan akutansi,dan menjurnal.
·
Obsesi setelah
lulus
Menjadi seorang sarjana bukanlah akhir melainkan tahap awal
dari kehidupan dewasa, di tambah era globalisasi pada saat ini, perkembangan pendidikan sangat pesat
dan persaingan makin ketat
terutama perguruan tinggi negri maupun swasta terasa tidak
asing lagi untuk dijumpai di dunia pekerjaan perkantoran, perusahaan dagang dan
perusahaan jasa.
Obsesi saya yang pertama harus lulus dengan IP yang memuaskan diri saya dan orang tua saya. Saya ingin menjadi seorang akuntan yang berguna bagi Bangsa dan Negara. Menjadi seseorang yang mandiri dan mampu mencukupi kebutuhan sendiri tanpa perlu meminta lagi kepada orang tua. Menjadi seseorang Akuntan yang Jujur dalam bekerja, dan dalam pekerjaan saya mengusahakan mengerjakannya dengan senang hati. Akuntan masa depan harus mampu mengembangkan kapasitas pembelajaran, pemikiran logika, dan analisis kritis. Perencanaan karier merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan pribadi. Saya berharap bisa memberikan hal terbaik untuk keluarga saya karena merekalah motivasi terbesar dalam hidup saya terutama orang tua saya. Dan saya berusaha semaksimal mungkin agar bisa mewujudkan semua yang saya impikan, dan apa yang diharapkan oleh orang tua saya, dan membuat mereka bangga dengan prestasi yang saya capai.
Obsesi saya yang pertama harus lulus dengan IP yang memuaskan diri saya dan orang tua saya. Saya ingin menjadi seorang akuntan yang berguna bagi Bangsa dan Negara. Menjadi seseorang yang mandiri dan mampu mencukupi kebutuhan sendiri tanpa perlu meminta lagi kepada orang tua. Menjadi seseorang Akuntan yang Jujur dalam bekerja, dan dalam pekerjaan saya mengusahakan mengerjakannya dengan senang hati. Akuntan masa depan harus mampu mengembangkan kapasitas pembelajaran, pemikiran logika, dan analisis kritis. Perencanaan karier merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan pribadi. Saya berharap bisa memberikan hal terbaik untuk keluarga saya karena merekalah motivasi terbesar dalam hidup saya terutama orang tua saya. Dan saya berusaha semaksimal mungkin agar bisa mewujudkan semua yang saya impikan, dan apa yang diharapkan oleh orang tua saya, dan membuat mereka bangga dengan prestasi yang saya capai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar