Rabu, 25 Januari 2012

TUGAS PENGANTAR BISNIS 4

TUGAS I MERINGKAS
                                         BAB 8 Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL)
 A.PENGERTIAN AMDAL
       Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk ditelaah sebelum suatu investasi  atau usaha di jalankan. Dampak yang timbul ada yang langsung memengeruhi pada saat kegiatan usaha/proyek dilakukan sekarang atau baru terlihat beberapa waktu kemudian dimasa yang akan datang.Dampak lingkungan hidup yang terjadi adalahberubahnya suatu lingkungan dari bentuk aslinya seperti perubahan fisik kimia,biologi,atau sosial yang mana perubahan lingkungan ini jika tidak diantipasi dari awal akan merusak tatanan yang sudah ada,baik terhadap fauna,flora,maupun manusia itu sendiri.
     Oleh karna itu,sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan maka sebaiknya dilakukan  terlebih dahulu studi tentang dampak lingkungan yang bakal timbul,baik dampak sekarang maupun yang akan mendatang.studi inilah yang kita kenal dengan nama Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).
AMDAL secara khusus adalah meliputi dampak lingkungan disekitarnya,baik didalam usaha atau proyek manapun diluar  suatu proyek yang akan dijalankan.
    
B.DAMPAK YANG TIMBULKAN
            AMDAL merupakan salah satu bagian dari aspek studi kelayakan bisnis.artinya untuk melakukan suatu kegiatan usaha atau bisnis atau proyek sebelum usaha dilakukan mengingat kegiatan-kegiatan investasi yang akan mengubah lingkungan hidup.
     Adapun komponen-komponen lingkungan hidup yang harus dipertahankan dan dijaga serta dilestarikan fungsinya,antara lain:
1.            Hutan lindung,hutan konservasi,dan cagar biosfer
2.            Sumber daya manusia
3.            Keanekaragaman hayati
4.            Kualitas udara
5.            Warisan alam dan Warisan budaya.
6.            Kenyamanan lingkungn hidup
7.            Nilai-nilai budaya yang berorientasi selaras dengan lingkungan hidup.
Komponen lingkungan hidup yang akan berubah secara mendasar dan penting bagi masyarakat disekitar suatu rencana usaha/kegiatan  seperti antara lain:
1.            Kepemilikan dan penguasa lahan.
2.            Kesempatan kerja dan usaha.
3.            Taraf hidup masyarakat.
4.            Kesehatan masyarakat.
     Dampak negatif yang mungkin akan timbul,jika tidak dilkukan AMDAL secara baik dan benar adalah sebagai berikut:
1.            Terhadap tanah dan kehutanan
2.            Terhadap air
3.            Terhadap udara
4.            Terhadap manusia
Dampak yang akan timbul perlu dcarikan alternatif  penyelesaiannya yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1.            Terhadap tanah
2.            Terhadap air
3.            Terhadap udara
4.            Terhadap karyawan
5.            Terhadap masyarakat sekitarnya

C.TUJUAN DAN KEGUNAAN STUDI AMDAL
            Tujuan AMDAL adalah menduga kemungkinan terjadinya dampak dari suatu rencana usaha/kegiatan  untuk mencapai tujuan penyusunan AMDAL harus didasarkan atau sesuai dengan pedoman penyusunan studi AMDAL.
        Hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka mencapai tujuan studi AMDAL adalah sebagai berikut:
1.            Mengidentifikasi semua rencana usaha dan kegiatan yang akan dlaksanakan.
2.      Mengidentifikasi komponen-komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting.
3.         Memprakirakan dan mengevaliasikan rencana usaha dan kegiatan usaha terhadap lingkungan hidup.
4.          Merumuskan RKL dan RPL.

Kegunaan dilaksanakan studi AMDAL adalah:

1.            Sebagai bahan bagi perencanaan danpengelola usaha pembangunan wilayah.
2.            Membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup.
3.            Memberi masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
4.            Memberi  informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha.

D. RONA LINGKUNGAN HIDUP
            Sasaran utama dari AMDAL adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup atau untuk menjaga lingkungan hidup dari segala bentuk perusakan,pencemaran atau merugikan kelestarian lingkungan hidup itu sendiri.
            Rona lingkungan hidup pada umumnya sangat beraneka ragam dalam bentuk ukuran tujuan sasaran dan sebagainya.karena kemungkinan timbulnya dampak lingkungan hidup bebeda-beda sesuai dengan  rona lingkungan yang ada.
            Hal-hal yang perlu dicermati rona lingkunan hidup sebagai berikut:
1.            Wilayah studi usaha dan/atau kegiatan yang memiliki arti ekonomi dan arti ekologis.
2.            Kondisi kualitatif dan kuantitatif dari berbagai sumber daya alam yang ada diwilayah studi rencana usaha/kegiatan.

Fisik Kimia
         Komponen fisik kimia yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1.      Iklim,kualitas udara,dan kebisingan
2.      Fisiografi
3.      Hidrologi
4.      Hidrooseanografi
5.      Ruang,lahan,dan tanah

Biologi
           Komponen Biologi yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1.      Flora
2.      Fauna

Sosial
          Komponen Sosial yang penting untuk ditelaah di antaranya:
1.      Demografi
2.      Ekonomi
3.      Budaya
4.      Kesehatan masyarakat

E. PRAKIRAAN DAMPAK BESAR DAN PENTING
            Dampak besar dan penting dalam studi AMDAL menurut pedoman penyusunan AMDAL hendaknya  dimuat hal-hal sebagai berikut:
Prakiraan secara dampak usaha dan /atau kegiatan pada saat prakontruksi terhadap lingkungan hidup.
1.      Penentuan arti penting perubahan lingkungan hidup yang diprakirakan bagi masyarakat diwilayah studi    rencana usaha dan/atau kegiatan dengan memacu pada pedoman penentuan dampak besar dan penting.
2.      Dalam melakukan telaah butir 1 dan 2 tersebut diperhatikan dampak yang bersifat langsung/atau tidak  langsung.
3.      Mekanisme aliran dampak pada berbagai komponen lingkungan berikut:
a.       Kegiatan yang menimbulkan dampak penting yang bersifat langsung pada komponen sosial.
b.      Kegiatan yang menimbulkan dampak penting yang bersifat langsung pada komponen fisik kimia kemudian  menimbulkan dampak komponen biologi dan sosial.
c.       Kegiatan yang menimbulkan dampak penting yang bersifat langsung pada komponen biologi kemudian menimbulkan dampak lanjutan pada komponen sosial.
d.      Kegiatan yang menimbulkan dampak penting yang bersifat langsung pada aspek fisik kimia dan dampak pada komponen sosial.
e.       Dampak penting berlangsung saling berantai di antara komponen sosial itu sendri.
f.       Dampak penting pada butir a,b,c,d dan e yang telah diutarakan pada dampak balik pada rencana usaha/kegiatan.
4.      Mengingat usaha /kegiatan masih berada pada tahap pemilihan alternatif usaha/kegiatan
5.      Dalam melakukan analisis prakiraan dampak penting agar digunakan metode-metode formal   secara matematis.

F. EVALUASI DAMPAK BESAR DAN PENTING
        Hasil evaluasi mengenai hasil telaahan dampak besar dan penting dari rencana usaha/kegiatan menjadi  masukan bagi instansi yang bertanggung  jawab untuk memutuskan kelayakan lingkungan hidup dari renacana usaha/kegiatan.
1.                  Telaahan terhadap dampak besar dan penting
2.                  Telaahan sebagai dasar pengelolaan.

G.  RUANG LINGKUP STUDI DAN METODE ANALISIS DATA
Ruang lingkup studi meliputi dampak besar  penting yang telaah yakni:
1.                  Rencana usaha/kegiatan penyebab dampak komponen langsung yang ditimbulkan.
2.                  Kondisi rona lingkungan hidup yang terkena dampak lingkungan dengan komponen langsung yang ditimbulkan.
3.                  Jenis-jenis kegiatan yang ada disekitar rencana lokasi beserta dampak-dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup.
4.                  Aspek-aspek yang diteliti sebagaimana pada butir-butir 1,2,3,4 untuk mengacu pada hasil pelingkupan dari kerangka acuan untuk AMDAL.
Identitas pemrakarsa dan penyusun AMDAL
            Identitas pemprakarsa dan penyusun AMDAL terdiri:
1.      Pemprakarsa:
a.       Nama dan alamat lengkap instansi/perusahaan
b.      Nama dan alamat lengkap  penanggung jawab pelaksanaan rencana usaha/kegiatan.

2.      Penyusun AMDAL
a.         Nama dan alamat lengkap lembaga/perusahaaan disertai dengan kualifikasi dan rujukan.
b.         Nama dan alamat lengkap penanggung jawab penusun AMDAL.

Wilayah studi
            Lingkup wilayah studi mencakup pada penetapan wilayah studi yang digariskan dalam kerangka acuan untuk AMDAL yang digambarkan pada peta dengan skala yang memadai.

Pelingkupan Wilayah Studi
            Penetapan lingkup wilayah studi dimaksudkan untuk membatasi wilayah studi AMDAL sesuai hasil  pelingkupan dampak besar dan penting dengan keterbatasan dan sumber daya yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan batas-batas ruang,sebagai berikut:
1.                  Batas proyek
2.                  Batas ekologis
3.                  Batas sosial
4.                  Batas  administratif
5.                  Batas ruang lingkup studi AMDAL

Metode Pengumpulan dan Analisis Data
            Studi AMDAL  dapat berjalan sesuai dengan alur dan pedoman yang telah ditetapkan sehingga akan  menghasilkan studi yang sahih dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
            Perlunya dilakukanmetoda pengumpulan dan analisis data yang ilmiah dengan pertimbangan mengingat studi AMDAL atas dampak besar dan penting usaha/kegiatan terhadap lingkungan hidup.
1.                  Jenis data yang dikumpulkan adalag data primer maupun sekunder bersifat sahih.
2.                  Metode pengumpulan data berbagai komponen lingkungan hidup yang diteliti.
3.                  Pengumpulan data dan informasi untuk demografi sosial ekonomi dan sosial budaya.
     
H. SISTEMATIKA PENYUSUNAN DOKUMEN AMDAL
            Analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) perlu disusun secara sistematika sehingga dapat:
1.                  Langsung mengemukakan masukan penting yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan.
2.                  Mudah dipahami isinya oleh semua pihak termasuk masyarakat dan mudah disarikan isinya pemuatan dalam media yang selama menyusun AMDAL.
3.                  Memuat uraian singkat tentang:
a.       Rencana usaha/kegiatan dengan berbagai kemungkinan dampak besar dan pentingnya pada tahap prakonstruksi.
b.      Keterangan mengenai kemungkinan adanya kesenjangan data informasi.
c.       Hal ini yang dipandang sangat perlu untuk melengkapi ringkasan.

I. KEGUNAAN DAN KEPERLUAN RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
            Kegunaan dan keperluan mengapa rencana usaha/kegiatan harus dilakukan baik ditinjau dari segi  kepentingan pemprakarsa maupun dari segi program pembangunan.
1.      Penentuan batas-batas lahan yang langsungg akan digunakan oleh rencana usaha/kegiatan.
2.      Hubungan antara lokasi rencana usha/kegiatan dengan jarak dan tersedianya sumber daya air dan energi.
3.              Alternatif usaha/kegiatan berdasarkan hasil studi kelayakan.
4.              Tata letak usaha/kegiatan dilengkapi dengan peta.
5.              Tahap pelaksanaan usaha/kegiatan dalam jangka waktu masa operasi dengan rencana
waktu pasca operasi.
a.          Tahap prakonstruksi/ persiapan
b.       Tahap kostruksi
c.          Tahap operasi
d.      Tahap pasca operasi

TUGAS 2 TULISAN BEBAS
MENJADI JURSAN AKUTNSI
·         Alasan saya memilih jurusan Akutansi:
Meskipun masih tahun-tahun awal, saya sudah merasa materi jurusan akuntansi bukanlah hal yang sangat mudah dan simpel. Bahkan, beberapa teman saya dari fakultas lain, yang belum pernah merasakan, mengatakan bahwa kuliah jurusan akuntansi pasti lebih mudah dari jurusan-jurusan sains, seperti teknik dan kedokteran. Saya tidak menyangkal bahwa jurusan teknik memang susah karena harus berhubungan dengan fisika dan kawan-kawan, begitu pula kedokteran yang harus menghafal begitu banyak kata-kata dalam bahasa antah-berantah. Namun tetap saja, akuntansi bukanlah bidang yang sangat mudah dan simpel

Pertama, akuntansi berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Menurut saya, kebanyakan ilmu sosial lainnya cenderung memiliki teori yang bersifat kualitatif dan secara umum dapat dipelajari sendiri tanpa harus belajar khusus, misalnya dengan membaca buku atau malah justru sudah merupakan bakat yang dimiliki oleh setiap orang karena manusia adalah makhluk sosial sehingga sedikit banyak ilmu-ilmu sosial tersebut dimiliki oleh manusia.
Sementara akuntansi berbeda dengan ilmu sosial lainnya. Akuntansi itu baik secara teori ataupun aplikasinya memiliki metode tersendiri yang hanya dapat dikuasasi melalui pembelajaran yang mendalam terhadap ilmunya. Kedua, meskipun seseorang yang kuliah di jurusan akuntansi seharusnya menjadi seorang akuntan, namun seseorang yang kuliah akuntansi sebenarnya fleksibel terhadap jenis lapangan pekerjaan lainnya. Seorang akuntan dapat menjadi manajer, auditor, dosen, pengusaha, bahkan politikus dan diplomat sekalipun. Banyak contoh orang yang berhasil setelah kuliah di jurusan akuntansi. Kuliah di jurusan akuntansi, tentu menjadi akuntan adalah tujuan saya setelah lulus. Indonesia saat ini masih kekurangan akuntan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban seperti laporan keuangan yang akuntable, auditable, dan transparan. Banyak masalah keuangan yang terjadi di negara ini karena kurangnya akuntan dalam mengelola hal tersebut.  Hal menarik yang saya rasakan dari ilmu akuntansi adalah melihat betapa uniknya metode-metode pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan. Masalah-masalah dalam dunia akuntansi selalu menantang dan menarik untuk dipecahkan.

·         Aktivitas dikampus
Aktivitas saya di kampus macam-macam,saya sering diskusi kelompok untuk memecahkan suatu masalah,mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen secara bersama-sama, kerena ada yang kurang dipahami. Di kampus juga sering diadakan Seminar-seminar untuk menambah wawasan mahasiswa nya dan diberikan sertivikat yang berguna pada waktu nya nanti. Sebagai seorang mahasiswa kita harus lebih aktif dikelas,bertanya apabila tidak mengerti kepada dosen yang bersangkutan. Hal yang sangat menyenangkan pada saat kita berlomba-lomba untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyak nya,rajin membuat tugas yang diberikan dosen,selalu hadir,dan mengikuti kuis-kuis yang diberikan. Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di kampus tapi saya selalu senang saat bersama-sama dengan teman banyak hal yang dapat dipecahkan saat berdiskusi.kalau semua dikerjakan dengan hati yang iklas dengan niat yang baik pasti hasilnya akan sangat memuaskan. Meskipun saya tidak mengikuti organisasi dikampus tapi saya selalu disibukan dengan aktivitas-aktivitas saya dikelas.

·         Kesulitan-kesulitan yang dihadapi
            faktor  penyebab kesulitan belajar setiap orang tidak selalu sama. Kesulitan yang saya hadapi saat ini mungkin karna saya dari jurusan IPA, akutansi adalah hal yang baru bagi saya,biasanya saya lebih banyak menghafal rumus-rumus,tapi sekarang berbeda saya harus sering membaca,dan lebih memahami suatu materi. tapi saya harus menyukai pelajaran ini karna ini keputusan saya sendiri untuk  menjadi seorang Akunting. Saya selalu aktif bertanya pada teman-teman saya yang mengerti akutansi dan lebih aktiv lagi dikelas. Dalam hal semangat terkadang semangat tinggi, tetapi terkadang juga sulit untuk mengadakan konsentrasi.terlebih lagi suasana kelas yang berisik sangat sulit untuk konsentrasi menerima pelajaran, dan terkadang dosen juga terlalu cepat sehingga kurang jelas memberikan materi pembelajaran,kita sebagai mahasiswa dituntut lebih aktif untuk bertanya apabila tidak mengerti. Terlebih lagi belajar akutansi termasuk  pelajaran sulit, diperlukan ketelitian dalam menghitung, dan karena saya baru mempelajari nya saya harus memulai nya dari awal seperti harus menghafal persamaan akutansi,dan menjurnal.

·         Obsesi setelah lulus
Menjadi seorang sarjana bukanlah akhir melainkan tahap awal dari kehidupan dewasa, di tambah era globalisasi pada saat ini, perkembangan pendidikan sangat pesat dan persaingan makin ketat terutama perguruan tinggi negri maupun swasta terasa tidak asing lagi untuk dijumpai di dunia pekerjaan perkantoran, perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
Obsesi saya yang pertama harus lulus dengan  IP yang memuaskan
diri saya dan orang tua saya. Saya ingin menjadi seorang akuntan yang berguna bagi Bangsa dan Negara. Menjadi seseorang yang mandiri dan mampu mencukupi kebutuhan sendiri tanpa perlu meminta lagi kepada orang tua. Menjadi seseorang Akuntan yang Jujur dalam bekerja, dan dalam pekerjaan saya mengusahakan mengerjakannya dengan senang hati. Akuntan masa depan harus mampu mengembangkan kapasitas pembelajaran, pemikiran logika, dan analisis kritis. Perencanaan karier merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan pribadi. Saya berharap bisa memberikan hal terbaik untuk keluarga saya karena merekalah motivasi terbesar dalam hidup saya terutama orang tua saya. Dan saya berusaha semaksimal mungkin agar bisa mewujudkan semua yang saya impikan, dan apa yang diharapkan oleh orang tua saya, dan membuat mereka bangga dengan prestasi yang saya capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar